Bukan Sir Alex, Ini Sosok Manajer Terbaik Dalam Sejarah Liga Inggris

Sir Alex Ferguson boleh saja mencatatkan dirinya sebagai pelatih dengan gelar Premier League terbanyak dalam sejarah, namun eks pelatih Cardiff City, Neill Warnock tak lantas menganggapnya sebagai pelatih terbaik dalam sejarah Liga Inggris. Menariknya, Warnock justru menganggap eks pelatih Arsenal, Arsene Wenger sebagai yang terbaik.

Sir Alex Ferguson mulai menangani Manchester United sejak 1987 kemudian memutuskan pensiun pada tahun 2013 silam. Selama periode tersebut, dia berhasil mempersembahkan banyak gelar juara untuk Setan Merah, termasuk 12 gelar Liga Primer Inggris dan dua trofi Liga Champions Eropa. Kini dia dikenang sebagai pelatih legendaris klub Manchester tersebut.

Sedangkan Arsene Wenger sendiri menghabiskan waktunya selama dua dekade untuk melatih Arsenal. Ia tiba di Inggris pada tahun 90an dan baru cabut dari London pada tahun 2018. Wenger pun tercatat menjalani laga Premier League lebih banyak dari manajer lainnya (828 kali). Berbeda dengan Sir Alex yang persembahkan 12 gelar Liga, Wenger justru hanya memberikan 3 gelar Liga saja untuk Arsenal.

Namun demikian, faktanya pelatih asal Prancis itu adalah satu-satunya sosok pelatih dalam sejarah kompetisi yang mencatatkan rekor tak terkalahkan alias Invincibles tepatnya di musim 2003/04 silam. Total, The Gunners tak terkalahkan dalam 49 pertandingan. Neil Warnock bekerja sebagai pelatih selama empat dekade. Ia kemudian memilih lima manajer terhebat sepanjang masa yang berkarir di Premier League.

Yang bersangkutan lebih memilih Arsene Wenger untuk berada di urutan pertama ketimbang Sir Alex. Lepas dari raihan prestasi, manajer asal Prancis menurutnya telah membawa angin perubahan untuk sepakbola Inggris secara keseluruhan.

“Dihitung dari Liga ini dimulai, jika saya memilih lima manajer teratas saya, saya akan menempatkan Arsene Wenger di nomor satu, hanya karena ia mengubah seluruh pandangan pemain sepak bola modern. Ia membawa begitu banyak hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya – ahli gizi, kebugaran, video, teknologi,”

“Jadi saya pikir Wenger mengubah seluruh arah jalan sepak bola ketika ia datang ke Premier League,” ujar Warnock pada talkSPORT.

Menariknya, Sir Alex Ferguson justru berada di posisi ke empat, sedangkan posisi ke-2 dan ke-3 secara berurutan diduduki Pep Guardiola dan Jurgen klopp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *