Emre Can Resmi Permanen Gabung Borussia Dortmund

Jelas sudah masa depan gelandang Internasional Jerman, Emre Can. Setelah sebelumnya hanya dipinjam dari Juventus, kini Borussia Dortmund resmi menebus klausul pelepasan eks Liverpool itu secara permanen.

Sebagaimana diketahui, Emre Can memang bergabung dengan Borussia Dortmund pada bursa transfer musim dingin Januari lalu. Yang bersangkutan sendiri sepakat untuk menjalani sisa musim 2019/20 ini sebagai pemain pinjaman bersama klub Bundesliga Jerman.

Kendati terdapat klausul pembelian permanen di akhir musim nanti, tapi tampak tidak ada kepastian. Jika performanya menurun sewaktu-waktu, ia bisa jadi dikembalikan ke Juventus. Sedang di Italia, jasa Emre Can jarang digunakan, dia bahkan tak masuk skuat Liga Champions pasukan Maurizio Sarri.

Untungnya, ia tampil apik bersama klub besutan Lucien Favre tersebut. Ia langsung bermain sebanyak tiga kali di semua ajang dan membukukan satu gol, yang di mana ia ciptakan dengan indah ke gawang Bayer Leverkusen beberapa pekan lalu.

Berkat performanya yang terbilang memuaskan tersebut, Dortmund tak berpikir panjang. Kurang dari sebulan setelah dipinjam dari Juventus, raksasa Bundesliga Jerman itu lantas menebus klausul pelepasan eks Liverpool secara permanen.

Menurut informasi yang terdengar, Die Borussien harus membayar uang sejumlah 25 juta euro sebagai kompensasi kepindahan Emre Can secara permanen kepada Juventus. Tidak ada konfirmasi resmi mengenai harga, tapi dipercaya angka tersebutlah yang dibayarkan Dortmund kepada Juve.

Bisa dikatakan, ini adalah solusi bagi Emre Can setelah perjalanan karirnya di Juventus tidak berjalan mulus. Kehadiran gelandang berkualitas seperti Adrien Rabiot, Miralem Pjanic, dan juga Blaise Matuidi membuatnya tersisih dari pasukan Maurizio Sarri.

Bahkan, yang bersangkutan juga tidak masuk dalam skuat Liga Champions Eropa arahan mantan pelatih Chelsea tersebut. Tak sampai disitu, ketika Miralem Pjanic cedera, Sarri tidak menunjuk Emre Can sebagai pengganti, melainkan Rodrigo Bentancur.

Juventus sendiri, dari aspek finansial, bisa dikatakan untung dalam kasus ini. Pasalnya, mereka mendatangkan Can dari Liverpool pada tahun 2018 tanpa biaya alias gratis karena kontraknya bersama the Reds telah berakhir.

Tapi tentu itu tidak masalah, karena sekarang semua pihak merasa diuntungkan, termasuk Borussia Dortmund sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *